Lupu Bridge

04/10/12 0 comments


http://www.chinapage.com/bridge/shanghai/lupu/lupu6.jpg

http://lh3.ggpht.com/_hVOW2U7K4-M/ShNpiVwGCII/AAAAAAABBdA/dpcFeg4fQgk/yuklturkiydjdfjfg.jpg

http://hi5sms.in/Download/Wallpapers/Longest_Bridge_in-CHINA/lupu_bridge_shanghai_china_photo_shanghaigov.jpg

DATA UMUM
Bangunan        : Lupu Bridge
Lokasi             : Shanghai, China
Arsitek            : Fritz Leonhardtz
Kontraktor      : Shanghai Tongzhu Engineering

PERENCANAAN
Jembatan ini merupakan jembatan baja lengkung terpanjang di dunia. Jembatan ini mempunyai panjang 750 m, dengan panjang lengkungan 500m. Struktur utama jembatan ini adalah struktur lengkung dan kabel. Untuk penyaluran bebannya jembatan ini terdiri dari 2 kolom besar yang terhubung dengan pondasi.

PELAKSANAAN
 Pada pelaksanaannya jembatan ini menggunakan 35.000 Ton baja. Jembatan ini diselesaikan dalam waktu 1000 hari. Untuk pekerjaan pondasinya, sungai huangpu mempunyai tanah lunak yang tidak cocok untuk dijadikan dasar pondasi. Pondasi jembatan lupu menggunakan pipa baja dengan ukuran diameter yang besar. Untuk pondasi pada bagian ujung jembatannya menggunakan pondasi beton cast in stu  dengan diameter yang besar juga.

Kendala dari proses konstruksi jembatan ini adalah proses pemasangannya yang harus presisi. Proses pemasangannya tergantung oleh temperature dan kecepatan angin. Pekerjaan tersulit untuk jemban ini adalah pekerjaan pemasangan tiga “arch rib” terakhir pada pelengkungannya. Pekerjaan ini menuntut kepresisian, oleh karena itu kontraktor menyediakn waktu 1 bulan penuh untuk proses persiapan dan pemasangan 3 “arch rib tersebut”.  Pada jembatan ini terdapat “safety belt” yang melindungi jembatan ini ketika mengalami gempa.
Summary by Enry L Dusia, S.T. 
From National Geographic Megastructure - Lupu Bridge

0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Enry Dusia Blogspot | TNB