Shanghai World Financial Center

04/10/12 0 comments


http://www.linternaute.com/actualite/grand-projet/tours-les-plus-hautes-du-monde/image/shanghai-world-financial-center-617318.jpg 

http://research.fuseink.com/artifactimg/201203/MTMzMTc1NDQzOTc0MDNfMQ.jpg 
http://farm4.static.flickr.com/3123/2334046901_ddd319f657.jpg 
DATA UMUM
Bangunan        : Shanghai World Financial Center
Lokasi             : Shanghai, China
Arsitek            : Kohn Pederson Fox
Kontraktor      : Mori Building Company

PERENCANAAN
Keunikan desain dari bangunan ini adalah merupakan gedung pencakar langit yang tertinggi di China, dan ketiga tertinggi di dunia.. Desain awal bangunan ini berbentuk bukaan lingkaran pada bagian puncaknya. Yang konsepnya terinspirasi dari mitologi china yaitu bumi berbentuk persegi dan langit berbentuk lingkaran. Namun desain ini mengalami revisi karena protes dari pemerintah China bahwa mirip dengan symbol jepang yaitu matahari terbit. Desain bentuk bukaan pada bagian puncaknya berubah dari bentuk lingkaran menjadi benruk persegi.
Bangunan ini mempunyai ketinggian 492 m2. Fungsi dari bangunan ini digunakan sebagai kantor, hotel, ruang konfrensi, mall, dan tempat observasi.

PELAKSANAAN
Pada proses konstruksi bangunan ini menggunakan kontraktor Mori Building Company. World Financial Center Shanghai dibangun pada tahun 1997 dan selesai tahun 2008. Proyek ini sempat berhenti selama 5 tahun yang disebabkan oleh krisis moneter. Bangunan ini memiliki 101 lantai, Bangunan ini menggunakan 60.000 ton baja, 260.00 0m3 beton, dan 2000 pekerja.
Untuk mengantisipasi beban gempa,bangunan ini menggunakan pondasi dengan panjang minimal 18 m. World Financial Center menggunakan system konstruksi megastructure. Mega structure terdiri dari mega column, mega diagonal, dan dinding core yang merupakan bagian dari struktur utamanya. Untuk pengaku bangunan ini menggunakan outrigger trus, dan belt truss.
Untuk proses konstruksi bangunan ini menggunakan mesin hidrolik untuk menyanggah dan membuat tower crane naik. Kesulitan yang dihadapi oleh operator tower crane adalah factor ketinggian dan factor angin. Pada bagian puncak dari bangunan ini diberikan dumper pada beberapa lantai untuk mengurangi ketidaknyamanan yang ditimbulkan bila terjadi gempa. 

Summary by Enry L Dusia, S.T. 
From National Geographic Megastructure - Shanghai World Financial Center

0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Enry Dusia Blogspot | TNB