Beijing National Stadium, Birdnest

04/07/12 0 comments

DATA UMUM
Bangunan        : Beijing National Stadium, Birdnest
Lokasi             : Beijing, China
Arsitek            : Herzog & De Meuron (Architecture Firm)
Kontraktor      : -

http://img00.beijing2008.cn/20080717/Img214459241.jpg 




PERENCANAAN
Keunikan desain dari bangunan ini adalah keunikan desain struktur baja.. Birsnest ini merpakan karya dari Herzog & De Meron yang berasal dari swish. Desainnya merpakan hasil dari sayembara yang diadakan pada Tahn 2002. Desain bangunan ini terinspirasi dari bentukkan sarang burung ditengah alam, dalam pola yang terlihat acak. Keunikan struktur dapat terlaksana karena bantuan dari sistem modularitas pada bagian elemen strukturnya.
Beijing National Stadium mempunyai bentuk elips yang terdiri dari konstruksi baja yang mendukung terbentuknya fasade menyerupai sarang burung. Kapasitas Beijing National Stadium untuk 80.000 pengunjung. Konstruksi baja bukan saja digunakan sebagai elemen arsitektur yang membentuk bangunan, namun juga merupakan suatu sistem struktur. Ukuran bentang bangunan ini adalah 335m untuk panjang, 284m untuk lebar dan 69m untuk tinggi. 
 http://silverdocs.com/media/images/films/lg/Birds-Nest-large.jpg 



http://images.beijing2008.cn/20080620/Img214412834.jpg



PELAKSANAAN
Pada proses konstruksi bangunan ini menggunakan banyak kontraktor. Untuk sistem konstruksinya menggunakan sistem konstruksi baja.Bangunan ini menggunakan 16 buah truss colom yang berfungsi sebagai kolom-kolom penyangga utama. Setiap kolom 3D ini dibentuk secara pre-fabrikasi dari baja jenis “HSS” : “Hollow Structural Steel” kelas “high-strength” dengan 128 titik kontak sambungan las. Di kiri-kanan struktur utama pun lalu terjalin konstruksi berbagai balok baja silang-menyilang melengkapi balok 3D girders yang memang ditata berpasang-pasangan diantara setiap pasangan kolom utama.  Untuk penutup atapnya menggunakan panel transparan ETFE. 

Summary by Enry L Dusia, S.T. 
From National Geographic Megastructure - BIRDNEST

0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Enry Dusia Blogspot | TNB