Aldar Round Skyscraper

24/05/12 0 comments

DATA UMUM
Bangunan        : Aldar Round Skyscraper
Lokasi             : Abu Dhabi
Arsitek            : Marwan Zgheib
Kontraktor       : Aldar



PERENCANAAN
Keunikan desain dari bangunan ini adalah pada strukturnya. Arsiteknya yaitu Marwan Zgheib. Dia terinspirasi dari alam yaitu bentukkan 2 kerang laut yang tertutup. Kerang laut tersebut mempunyai arti yang penting bagi Abu Dhabi. Terdapat kendala dalam menerapkan konsep ini yaitu pada keseimbangan bangunan. Oleh karena itu Arsitek menyederhanakan bentukkannya dengan bentuk pentagram yang terinspirasi dari teori Vitruvius tentang proporsi tubuh manusia. Penerapan konsep pada bangunan ini terlihat pada desain bangunan yaitu bangunan berbentuk lingkaran yang pada bagian dasarnya dipotong menjadi datar.
Skyscrapers ini menggunakan sistem struktur utama yang terdiri dari sistem struktur core dan space frame. Untuk dapat merealisasikan bangunan ini maka melakukan konsultasi pada ahli angin, ahli struktur baja prefabrikasi, dan ahli kaca.

PELAKSANAAN
Pada proses konstruksi bangunan ini menggunakan kontraktor Aldora dengan Construction Managernya yaitu Myles O’Sullivan. Untuk dapat menahan beban angin maka diperlukan pondasi yang kuat. Jenis tanah pada site merupakan tanah pantai yang pada kedalaman tertentu tanah bercampur dengan air. Untuk mengatasi hal tersebut maka kontraktor menyedot dan membuang air tanah ke laut, setelah itu meletakkan Locking Pannels yang terbuat dari beton prefabrikasi pada sekitar lokasi site untuk menjaga agar tanah tidak bergeser. Pondasi menggunakan Concreate Pile.Dilanjutkan dengan membuat Concreate Slab raksasa.
Untuk pembuatan dinding core dengan menggunakan Concrete Tower yang dilengkapi dengan hidrolik. Kelebihan dari teknologi ini proses cor berlangsung otomatis dan tidak terdapat sambungan pada dinding core. Untuk pengerjaan strutur facade-nya menggunakan sistem struktur space frame. Pada penggunaan sistem struktur ini hal yang perlu diperhatikan pada saat pengerjaan adalah kepresisian ukuran steel.Untuk bagian tersulit dari pengerjaan space frame yaitu pada bagian lengkungan atapnya. Hal tersebut harus diperhatikan karena berpengaruh pada penyaluran beban. Setelah memasang frame pada bagian lengkungan atap dilakukan peninggian pada penyanggah atap. Hal tersebut dilakukan untuk membuat lengkungan atap menjadi lebih sempurna dan penyaluran beban ke pondasi berlangsung dengan baik. Untuk finishingnya menggunakan kaca yang tebal dan kuat terhadap tekanan angin. 

Summary by Enry L Dusia, S.T. 
From National Geographic Megastructure - Aldar Round Skyscrapers

0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Enry Dusia Blogspot | TNB