National Aquatic Center, Water Cube

04/07/12 0 comments
http://tensileworld.com/forum/pictures/watercube51.jpg 
http://farm5.static.flickr.com/4109/5055309785_839f33f5d0.jpg

http://www.radarnois.com/blog/wp-content/uploads/2008/08/watercube_pano.png 
http://media.nowpublic.net/images//ae/0/ae033b907f451f486cdca603e3633a9c.jpg



DATA UMUM
Bangunan        : National Aquatic Center, Water Cube
Lokasi             : Beijing, China
Arsitek            : PTW Architecture
Kontraktor      : Arup, CSCEC, dan CCDI


PERENCANAAN
Keunikan dari desain National Aquatic Center adalah konsep desain dan inovasi dalam penggunaan material. Konsep bangunan ini terinspirasi dari bentukkan karakter air. Seperti kita ketahui bahwa air tidak mempunyai bentuk dan warna yang tetap. Oleh karena itu untuk memunculkan karakter air dengan cara merefleksikan warna sesuai kondisi cuaca dan sudut pandang sinar matahari. Penerapan konsep tersebut pada bangunan ini yaitu dengan membuat kolam renang indoor dengan atap transparan bentang lebar tetapi ringan. Atap dibuat transparan dengan tujuan dapat merefleksikan karakter air. Pada siang hari melakukan kontrol terhadap cahaya matahari, dan pada malam hari terhadap cahaya buatan. 

PELAKSANAAN
Water Cube ini memiliki ukuran panjang 175m, dan lebar 175 meter. Untuk ketinggian atap setinggi 30m. Konstruksi watercube ini menggunakan konstruksi struktur rangka baja. Pipa baja dibentuk menyerupai “Honeycomb” . Pipa baja tersebut dihubungkan menggunakan sambungan las. Penutup facadenya menggunakan material ETFE “Ethylene Tetrafluoroethylene”.
Pemilihan material ETFE menurut perancangnya karena mampu menyerap 20% sinar matahari yg akan menghangatkan ruangan dan air kolam serta sekaligus berfungsi sebagai lighting, ini akan menghemat pemakaian tenaga listrik sampai 30%. Disamping itu, ETFE dipilih karena beratnya cuma 1% dibanding berat kaca untuk fungsi yg sama sehingga meskipun dengan dinding dua lapis ETFE tebal total 3.6m dan tebal atap 7.5m akan tetap menghemat biaya konstruksi baja dan pondasinya.
Dari sisi penampilan dan fungsi Water Cube mampu mencapai target sesuai konsepnya. Namun terdapat kendala pada sisi operasional dan pemeliharaannya, karena bukan pekerjaan mudah membersihkan sekian luas dinding & atap plastik. Untuk proses pembersian facadenya tidak dapat menggunakan gondola, karena tidak ada tempat untuk mengantungkannya. Kendala lain yang mungkin dihadapi bila konstruksi pipa baja atau rangka ruang pola polyhedra bocor, atau bantal ETFE mendadak kempes karena pompa tidak bekerja. 

Summary by Enry L Dusia, S.T. 
From National Geographic Megastructure - WaterCube

0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Enry Dusia Blogspot | TNB