Hoover Dam

04/10/12 0 comments


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi1yhqNVl0fITHpYxc8Xj78-TZiJ8G18tyA9ZREJETPg5nSh52JC-pfCgfdlksmkvwpCw522A9Y4ItZLJ_oVfG1mNSEKAsVFZbaZPatM6pVqHlxpc_KL33aKTuUvTL1f2Ujc5GSWmoa7WNv/s1600/2.jpg

Hoover Dam

http://dvice.com/assets_c/2009/11/Hoover-Dam-Bypass-Bridge-thumb-550xauto-28105.jpg

DATA UMUM
Bangunan        : Hoover Dam
Lokasi             : Clark County, US
Arsitek                        : Kaufman
Kontraktor      : Six Companies, Inc.

PERENCANAAN
            Fungsi dari dam ini adalah sebagai bendungan yang akan mengendalikan banjir, menyediakan air irigasi dan menghasilkan listrik tenaga air. Dam ini termasuk proyek yang besar pada saat itu. Sehingga membutuhkan pekerja dalam jumlah yang sangat besar. Six Companies, Inc merupakan gabungan 6 perusahaan kontraktor. Sebelum Dam dibangun kontraktor merencanakan untuk membuat Tunnel terlebih dahulu. Setelah itu dilanjutkan dengan membuat Hoover Dam.

PELAKSANAAN
           Konstruksi Hoover Dam dibuat pada sungai colorado. Konstruksi ini dimulai dengan membuat tunnel terlebih dahulu. Para pekerja menggali 4 tunnel di sisi sungai colorado yaitu  2 tunnel pada sisi kiri dan 2 tunnel pada sisi kanan. Setelah itu melapisi permukaan tunnel dengan cor beton. Tunnel tersebut harus diselesaikan sebelum musim dingin tiba agar tidak terjadi luapan sungai colorado. Kendala yang terdapat pada pengerjaan tunnel ini adalah suhu tunnel mencapai 140 derajat farenheit, debu, dan tidak adanya sirkulasi udara sehingga menghambat produktivitas pekerja. Frank Cowe mencoba membuat kendaraan khusus untuk pekerja agar lebih cepat dalam melakukan proses pengeboran. Namun hal tersebut menimbulkan bencana untuk para pekerja, karbonmonoksida yang dihasilkan kendaraan tersebut meracuni dan membuat banyak para pekerja meninggal.
            Setelah Konstruksi Tunnel selesai dilanjutkan dengan membuat Hoover Dam. Tahap pertama adalah melakukan reklamasi. Reklamasi dilakukan dengan menutup jalan aliran sungai colorado. Dengan menggunakan bahan peledak menjatuhkan beberapa batu yang berada di dekat tunnel. Sehingga air sungai colorado mengalir melalui keempat tunnel. Tahap selanjutnya adalah membuat dam menggunakan material dan metode “interlocking concreate”. Interlocking Concreate lebih kuat untuk menahan tekanan air daripada bentuk beton umumnya. Bentuk lengkung/arch hoover dam juga didesain untuk memperkuat dam sehingga kuat menahan tekanan air.
           Hoover Dam selesai lebih awal dari yang direncanakan sehingga terjadi penghematan terhadap biaya yang dikeluarkan. Setelah Dam ini selesai, maka dam ini 

Summary by Enry L Dusia, S.T. 
From National Geographic Megastructure - Hoover Dam


0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Enry Dusia Blogspot | TNB