Bahrain World Trade Centre

19/05/12 0 comments
DATA UMUM
  • Bangunan : Bahrain WTC
  • Lokasi      : Al-Manamah, Bahrain
  • Arsitek      : Shaun Killa (Atkins)
  • Kontraktor : Atkins Middle East



PERENCANAAN
Keunikan desain dari bangunan ini adalah penggunaan Green Technology. Arsiteknya yaitu Shaun Killa. Dia terinspirasi dari bentukkan layar kapal tradisional, dan pemanfaatan energi angin untuk dapat berlayar. Inspirasi tersebut membuat Killla mendapatkan ide untuk konsep bangunannya. Penerapan konsep pada bangunan ini terlihat pada desain bangunan yaitu 2 skyscrapers yang menyerupai dua layar kapal yang mengembang. Skycrapers tersebut dihubungkan dengan 3 jembatan yang berfungsi juga sebagai pemegang wind turbin.
Bentukkan skyscrapers mengarahkan angin menuju wind turbin. Wind turbin akan menangkap energi angin merubahnya menjadi energi listrik. Untuk dapat menerapkan konsep tersebut Killa mencari lokasi yang tepat. Desain jembatan  menjadi perhatian dalam bangunan ini, disebabkan jembatan menerima getaran dari wind turbin. Killa juga mendesain facade bangunan dengan menggunakan double glass untuk memperkecil beban AC. 

PELAKSANAAN
Pada proses konstruksi bangunan ini menggunakan kontraktor yang sama dengan perencanaannya yaitu Atkins. Untuk pembuatan jembatan dan wind turbin dikerjakan di pabrik. Jembatan menggunakan material yang sama dengan material body pesawat terbang. Jembatan dibuat kaku untuk mengurangi getaran.
Pada proses pengerjaannya yang paling diperhatikan adalah proses setting (pengangkatan) jembatan dan wind turbin. Hal tersebut disebabkan oleh dimensi jembatan dan wind turbin yang besar. Angin yang kuat mempengaruhi keberhasilan proses setting. Untuk proses setting menggunakan crane dan ikatan tali yang dioperasikan oleh kerjasama tim agar tetap seimbang. Untuk proses pemasangan wind turbin dibutuhkan seorang tenaga ahli. Setelah proyek konstruksi ini selesai maka skyscrapers ini akan menjadi skyscraper pertama yang memanfaatkan energi angin.


Summary by Enry L Dusia, S.T.  
From National Geographic Megastructure - BWTC

0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Enry Dusia Blogspot | TNB