The Palm Island

09/06/12 0 comments



DATA UMUM
Bangunan        : The Palm Island
Lokasi             : Dubai
Arsitek            : -
Kontraktor      : Van Oord

PERENCANAAN
Keunikan dari desain The Palm Island adalah proses reklamasi untuk membuat pulau buatan. Seperti namanya The Palm Island jika dilihat dari satelit atau siteplannya pulau ini berbentuk pohon palem, dan diatapi oleh sebuah sabit. Ide untuk membuat The Palm Island merupakan  keinginan dari Sheikh Mohammed  bin Rashid untuk memiliki suatu kawasan wisata dunia yang megah dan menghadap ke pantai laut arabian. Tetapi pantai yang menghadap ke laut arabian tidak sebesar proyek yang diinginkan. Oleh karena itu munculah ide untuk membuat The Palm Island.

PELAKSANAAN
Pada proses konstruksi bangunan ini menggunakan kontraktor yang berasal dari Belanda yaitu Van Oord. Kontraktor tersebut berpengalaman dalam proses reklamasi. Proses konstruksi pulau ini dimulai dengan pembangunan pondasi. Pemasangan pondasi menggunakan metode Break Water.Metode Break Water adalah suatu struktur yang berfungsi untuk memecah gelombang air. Brek Water ini terdiri dari campuran pasir, air, batuan kecil, dan batuan besar.
Kendala yang dihadapai pada proses konstruksi antara lain badai Shamal yaitu angin kencang yang mengakibatkan gelombang air laut menjadi tinggi. Bencana lain yang mungkin terjadi seperti gempa bumi/tsunami, penipisan air tanah, banjir dan erosi. Gempa bumi menyebabkan bahaya tanah liquifaction pada tanah pasir. Pada saat terjadi gempa kadar water saurated soil dapat kehilangan kekuatannya sehingga bersifat seperti cairan. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut maka menggunakan  metode Vibro Compaction yaitu menggunakan mesin vibroprobe untuk memadatkan tanah.
Untuk  finishingnya The Palm Island menggunakan sistem komunikasi dan navigasi yang canggih. Untuk mengecek ketepatan /akurasi peletakan  material pasir digunakan alat Digital Global Possitoning System. Untuk pelaksanaan dilapangan pekerja membawa GPS berjalan menelusuri tepi pulau. Jika terdapat tepi yang berbeda maka kapal secara otomatis akan menambah pasir. 

Summary by Enry L Dusia, S.T. 
From National Geographic Megastructure - The Palm Island

0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Enry Dusia Blogspot | TNB