Burj Al Arab

09/06/12 0 comments
DATA UMUM
Bangunan        : Burj Al Arab
Lokasi             : Dubai
Arsitek            : Tom Wright (Atkins Middle East)
Kontraktor      : Atkins Middle East























PERENCANAAN
Konsep arsitektur bangunan burj al arab menyerupai sebuah kapal layar warisan bangsa Arab dikombinasikan dengan aspek-aspek moderen, yang mempunyai filosofi “bergerak maju ke masa depan”. Dua “sayap/layar” yang terbuka berbentuk formasi huruf  V, dimana di antara kedua sayap tersebut ditempatkan ruangan “massive atrium”.
Arsitek Tom Wright yang telah merancang “The Bruj Al-Arab” ini mampu meujudkan keinginan kliennya untuk membangun sebuah ikon atau simbol untuk Dubai, sebagaimana halnya dengan ikon-ikon terkenal di dunia.

PELAKSANAAN
Pada proses konstruksi bangunan ini menggunakan kontraktor yang sama dengan perencanaannya yaitu Atkins. Burj Al Arab dibangun diatas pulau buatan berbentuk segitiga yang berjarak 290 meter dari pantai Jumerah DubaiPinggir atau pantai pulau buatan dilindungi dengan beton berongga (bertulang baja khusus) yang berlubang miring ke arah permukaan laut yang dapat menyerap gelombang tanpa membuang air ke atas pulau. Untuk membuat dasar bangunan (pulau) yang aman, maka ditancapkan sebanyak 230 pancang beton panjang 40 meter ke dalam tumpukan pasir, dengan perinsip mempergunakan daya dukung kekuatan gesekan pasir dan lumpur. Permukaan pulau buatan ditutup dengan tumpukan batu-batu besar yang dilapis/diperkuat dengan baja beronjong (honey-comb) yang tahan karat untuk mencegah erosi dari pondasi bangunan.
Struktur dari beton baja diagonal (terekpos dapat memecah angin dan menyegarkan). Antara dua sayap terdapat atrium segitiga yang besar menghadap pantai, yang ditutupi oleh double skinned, dilapisi Teflon tenun serat layar kaca, yang teknologi ini pertama kali digunakan dalam bentuk vertikal.

Summary by Enry L Dusia, S.T. 
From National Geographic Megastructure - Burj Al Arab

0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Enry Dusia Blogspot | TNB