Frank Llyoid Wright “Father of Organic Architecture”

06/09/14 0 comments
Lahir                           :  Wisconsin, 8 Juni 1887
Pendidikan                  :  Universitas Wisconsin
Pengalaman Kerja      :  Chicago, 1887, Louis Sullivan

Gaya desain Frank dipengaruhi oleh prinsip form follow function dari Sullivan. Organic Architecture merupakan prinsip-prinsip desain yang dikembangkan oleh Frank yaitudengan mengharmonikan antara habitat dengan alam sekitar yang dicapai dari integrasi bangunan dengan sekitasrnya sehingga menjadi komposisi yang saling berhubungan.

  

Master works : Winslow House, Robie House, dan Falling water
http://farm1.static.flickr.com/194/468982848_6de82c3c93.jpg
Winslow House, River Forest, 1893
Bangunan ini menunjukkan originalitas Frank yaitu overstek yang lebar, bentukkan mulai sederhana, dan jarangnya penggunaan ornament. Bangunan ini merupakan permulaan dari karier Frank.
http://gowright.org/MoodleWright/file.php/1/Robie_House_Tour/robieHousepic1.jpg
Robie House, Chicago, 1909
Bangunan ini ada harmoni dari keseimbangan antara elemen vertikal dan horisontal yang memberikan kesan solid dari bangunan yang terlihat. Ini merupakan permulaan dari perkembangan arsitektur modern. Wright tidak hanya mendesain bangunannya saja melainkan mencakup interiornya juga.
Falling water, Pennsylvania, 1939.

Falling Water didesain untuk keluarga Kaulfmann sebagai villa musim panas. Penerapan arsitektur organik dimulai dari pemilihan lokasi, pemilihan material, dan penerapan konsep pada bentukkannya. Konsep desain Falling Water adalah dengan menyatukan alam dengan bangunan. Perhatian mereka diarahkan ke luar dengan penggunaan plafond yang rendah. Untuk pemilihan material banyak menggunakan material bertekstur seperti batu dan kayu. Material struktur menyatu dengan warna batu-batuan dan pohon-pohonan. Aksen yang diberikan Frank yaitu dengan memberikan furnishing terang pada perabotannya. Villa ini tidak mempunyai entance utama yang dominan karena memiliki banyak entrance.  Hal tersebut memberikan rasa nyaman seperti dirumah tetapi juga menimbulkan rasa bertualang.

0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Enry Dusia Blogspot | TNB