Architecture of Ancient Near East

19/02/13 0 comments



Antara tahun 4000-3000 BC terjadi perkembangan budaya pada Mesopotamia. Masyarakat sudah mempunyai tatanan atau hirarki yang kompleks dengan kedudukan tertinggi yaitu imam dan raja. 

Peradaban tersebut mendorong masyarakat untuk memiliki tatanan kota yang fungsional. Terbukti dengan candi yang di desain kompleks untuk memprediksi musim dan cuaca. 

Perkembangan ini dipengaruhi juga dengan kemampuan masyarakat untuk mengontrol air dan melakukan pertanian di dataran subur dekat dengan sungai tigris dan efrat. 

Kontribusi terbesar mereka terhadap peradaban dan perkembangan arsitektur mula-mula terdiri dari :

1. Ziggurat



Ziggurat mempunyai sistem stuktur piramid. Letak kuil atau candi pada bagian teratas yang dihubungkan tangga yang merupakan simbolis dari jembatan penghubungan antara bumi dengan langit. Kuil ini berfungsi sebagai ruang tunggu dewa-dewi untuk menyatakan dirinya kepada para imam dan pendeta. 

2. Ishtar Gate


Ishtar gate terbuat dari material batu bata yang berwarna turquoise (biru kehijauan) dengan permukaan tekstur yang licin/berkaca. Untuk mendapatkan hasil berkaca sebelumnya batu bata tersebut diolah dengan melakukan pengecatan lalu dilepaskan dari catnya.Pada bagian atasnya terdapat crenelation yang bewarna emas. Pada bidang dindingnya dikombinasikan dengan lukisan singa bewarna emas yang merupakan simbol dari dewa Ishtar. 


3. Persepolis


Persepolis berdiri pada tahun 18 BC yang merupakan puncak dari kekuasaan raja Darius. Raja Darius menguasai daerah babel, mesir, mesopotamia dan yunani. Kota ini sudah menggunakan sistem struktur kolom dengan modul grid yang padat. 


0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Enry Dusia Blogspot | TNB