DATA UMUM
Bangunan : Charilaos Trikoupis Bridge
Lokasi : Yunani
Arsitek : Berdj Mikaelian
Kontraktor : French-Greek Consortium led
PERENCANAAN
Jembatan Rio-Antirio ini merupakan jembatan bentang
kabel terpanjang di dunia. Jembatan ini melewati Teluk Korintus dan
menghubungkan kota Rion di Peloponnese dengan Antirion di daratan Yunani. Jembatan
ini memiliki panjang 2.880 m, dan lebar 28 m. Untuk perencanaan strukturnya
menggunakan struktur kabel yang terdiri dari 4 struktur vertical dengan kolom
setinggi 90m, dan diperkuat dengan dudukan dasar kolom setinggi 60-65 m dibawah
permukaan laut.
PELAKSANAAN
Jembatan
ini direncankan pada tahun 1990. Pada bulan mei Tahun 2004 konstruksi utama
selesai dan diresmikan. Jembatan ini mempunyai tantangan yang unik yaitu
potensi rawan bencana alam. Kemungkinan yang akan terjadi antara lain: tsunami,
dan pergeseran tektonik aseismic. Selain itu problem yang muncul adalah tidak
terdapatnya batuan dan tanah keras pada dasar laut. Untuk itu perlu merancang teknik
rekayasa baru untuk pondasi jembatan yang cocok dengan keadaan tanah tersebut. Problem
lainya adalah kerusakan jembatan yang diakibatkan oleh angin yang kencang atau
badai angin. Jembatan harus menyediakan ruang yang cukup untuk dapat dilalui
oleh kapal tanker 180.000 ton yang bergerak dengan kecepatan 16 knot.
Untuk mengantisipasi
kemungkinan yang muncul akibat gempa maka jembatan ini menggunakann material
kombinasi yaitu beton ringan dan baja komposit. Baja ringan memberikan
fleksibelitas yang tinggi dan diberikan beton komposit untuk memberikan
perlawanan yang diperlukan untuk ketegangan dan kompresi selama peristiwa ini
terjadi. Untuk pekerjaan pondasinya dilakukan dengan memperkuat daya dukung
tanah dasar laut dengan menambahkan inklusi. Untuk memastikan tidak ada
hubungan antara inklusi dengan tempat kerja maka diberikan pemberat berupa
krikil dan pada permukaan atas dari tanah liat. Untuk beban anginnya mendesain
jembatan dengan empat kolom ramping yang bertemu pada bagian atasnya. Bagian
puncak dari kolom digunakan untuk menarik kabel. Kerampingan kolom akan
mengurangi beban angin (horizontal). Terdapat empat peredam yang dipasamg pada
masing-masing kolom utama untuk menghantarkan getaran yang terjadi pada
struktur dan mengurangi pergeseran struktur. Peredam dapat mengurangi defleksi
sampai 40% dan perpindahan 50%.
Summary
by Enry L Dusia, S.T.
From
National Geographic Megastructure -Rio Anterio Bridge
0 comments:
Posting Komentar