DATA UMUM
Bangunan : Lupu Bridge
Lokasi : Shanghai, China
Arsitek : Fritz Leonhardtz
Kontraktor : Shanghai Tongzhu Engineering
PERENCANAAN
Jembatan ini merupakan jembatan baja lengkung
terpanjang di dunia. Jembatan ini mempunyai panjang 750 m, dengan panjang
lengkungan 500m. Struktur utama jembatan ini adalah struktur lengkung dan
kabel. Untuk penyaluran bebannya jembatan ini terdiri dari 2 kolom besar yang
terhubung dengan pondasi.
PELAKSANAAN
Pada pelaksanaannya jembatan ini menggunakan 35.000
Ton baja. Jembatan ini diselesaikan dalam waktu 1000 hari. Untuk pekerjaan
pondasinya, sungai huangpu mempunyai tanah lunak yang tidak cocok untuk
dijadikan dasar pondasi. Pondasi jembatan lupu menggunakan pipa baja dengan
ukuran diameter yang besar. Untuk pondasi pada bagian ujung jembatannya
menggunakan pondasi beton cast in stu dengan diameter yang besar juga.
Kendala dari proses konstruksi jembatan ini adalah proses pemasangannya
yang harus presisi. Proses pemasangannya tergantung oleh temperature dan
kecepatan angin. Pekerjaan tersulit untuk jemban ini adalah pekerjaan
pemasangan tiga “arch rib” terakhir pada pelengkungannya. Pekerjaan ini
menuntut kepresisian, oleh karena itu kontraktor menyediakn waktu 1 bulan penuh
untuk proses persiapan dan pemasangan 3 “arch rib tersebut”. Pada jembatan ini terdapat “safety belt” yang
melindungi jembatan ini ketika mengalami gempa.
Summary
by Enry L Dusia, S.T.
From
National Geographic Megastructure - Lupu Bridge
0 comments:
Posting Komentar